Jengkel Menjadi Korban Copy-Paste? Auto Blog?

Dalam dunia blogging sepertinya fenomena copy-paste dan pencurian konten merupakan hal yang lumrah. Dulu saat masih baru-barunya ngeblog saya sempat bingung ketika tahu tulisan saya ada yang copas, rasanya marah, jengkel, dan dongkol banget. Apalagi kalau copasnya ga cuma satu-dua artikel, tapi ga tanggung2 satu blog di copas semua. Berbagai usaha mencegah copas pun saya lakukan, dari mulai memasang script anti copas, sampai memaki-maki si tukang copas. Namun sepertinya hal itu sia-sia saja, karena secanggih apapun kita melindungi blog kita, pasti masih ada celah untuk ditembus.

Seiring jalannya waktu dalam aktifitas ngeblog saya pun makin sadar, bahwa sudah menjadi konsekuensi kita kalau mempublish sesuatu ke depan publik resikonya ya harus siap terkenal, salah satunya dengan adanya duplikasi konten, hehe.

Coba bayangkan kalau artikel yang kita tulis tersebut benar-benar sangat dibutuhkan oleh pengunjung, sedangkan kita memproteksi blog dengan script anti copas, betapa menyedihkan pengunjung cuma bisa melihat tanpa bisa mengambilnya. Ingat, mayoritas pengguna internet bukanlah blogger, tapi pencari informasi yang merupakan murni seorang user.

Untuk itulah sepertinya akan lebih baik kita merelakan saja apa yang sudah kita sebarkan di internet, kalau temen2 forum bilang "kalau ga mau di copas yang ga usah bikin tulisan di blog. Tulis saja di Microsoft Word, simpan di My Documents lalu di baca sendiri tiap hari", sepertinya kalimat tersebut cukup mengena, hehe.

Tapi gimana kalau kejadiannya ada blogger lain yang mencuri konten blog kita? Mencuri yang saya maksudkan disini adalah mencuri RRS feed, jadi setiap kali kita update artikel maka secara otomatis di blog si pencuri juga akan terpublish artikel dari blog kita.

Saya rasa antara copas dengan pencurian feed sangat berbeda, kalau mengambil feed blog atau nama bekennya auto blog ini memang sangat menjengkelkan bagi si pemilik blog, hampir sama dengan blog AGC yang menyiksa pengunjung.

Salah satu blog saya yang di blogspot juga pernah menjadi korban pencurian feed, awalnya saya kaget setiap kali habis posting kalau cek di Google pasti ada blog lain yang memposting artikel tulisan saya tersebut. Bahkan kadang-kadang posisinya lebih tinggi dari blog asli.

Akhirnya saya menemukan cara sederhana agar blog yang sudah menjadi korban auto blog tersebut kontennya bisa diselamatkan. Dalam hal ini adalah melakukan sedikit setingan pada blog kita (blogspot), setingannya bisa kita temukan pada bagian blog feed.

Blog Feed

Setelah kita seting seperti di atas, setiap kali kita posting artikel, maka yang akan tampil pada feed hanyalah 400 karakter pertama dari tulisan kita. Dengan demikian pada blog si pencuri RSS juga hanya akan menampilkan potongan dari tulisan kita, lumayan kan?

0 Komentar:

Post a Comment