Kekurangan dan Kelebihan Blog Bertema Pendidikan

Sebuah blog bisa menjadi seribu satu tempat untuk mencurahkan ide dan pemikiran dari si pemilik blog. Banyak tema atau topik yang bisa diangkat sebagai bahan menulis artikel di blog. Saya sendiri lebih banyak menulis artikel blog berdasarkan pandangan pribadi, jadi secara tidak langsung hanyalah pemikiran saya tentang suatu hal, misalnya tentang pendidikan.

Mengapa suka menulis tentang pendidikan/ pengetahuan? Karena selain sangat suka membaca hal-hal tentang pengetahuan, kalau dilihat dari persaingan di internet untuk topik pendidikan masih rendah. Jadi kalau untuk tujuan mencari pengunjung, masih lebih ringan dibandingkan topik kesehatan atau topik yang lain.

Tapi ternyata tema pendidikan juga memiliki kekurangan, yaitu nilai konversi pengunjung sangat rendah. Maksudnya kalau blog pendidikan nantinya mau dijadikan blog bisnis, konversinya sangat minim.

Sedangkan keuntungan tema pendidikan, lebih besar kemungkinan untuk mendapat visitor tetap, karena ilmu pengetahuan sifatnya tidak musiman. Selama masih ada orang sekolah, kayaknya bakalan laku tulisan tentang pendidikan.

Paling pengunjung blog akan menurun pada hari Sabtu dan Minggu, atau pada saat hari libur Nasional. 

3 Komentar:

Sukadi said...

Kalau tema pendidikan biasanya pengunjungnya dari kalangan tertentu saja hehe..
Memang kalau mau jujur, topik yang paling banyak peminat biasanya yang berbau pornografi hehe..

Terimakasih, Mas :)

Dwi said...

@ Sukadi: iya mas, kalau topik gituan memang seperti magnet penyedot trafik, cuma kalau kebanyakan keyword lendir takutnya ntar kena razia.

Artikel Menarik said...

salam berkunjung

Post a Comment