Cara Mengelola Blog Agar Tidak Ribet

Ini adalah cara yang aku lakukan dalam mengelola blog agar kita tidak kebingungan atau ribet. Kalau mempunyai blog lebih dari satu, kadang kita kesulitan untuk menentukan jadwal posting yang teratur untuk tiap blognya. Memiliki banyak blog tapi tidak terurus, sama saja tidak mendatangkan apa-apa. Apalagi kalau kita mau menjadikan blog sebagai lahan bisnis, tentu saja harus ringan tangan dalam mengurusnya.

Yang aku lakukan untuk tetap memelihara tiap blog tetap terurus walaupun terus menambahkan blog baru adalah dengan sangat sederhana. Sederhana menurutku adalah karena aku sama sekali tidak membayar content-writer sama sekali.

Kalau para blogger yang sudah 'mapan' biasanya dalam mengurus tiap blog mereka adalah dengan membayar penulis konten, memang cukup efisien kalau kurasa. Kita dapat uang, tidak ada salahnya untuk membayar orang lain dengan mengeluarkan sebagian pendapatan. Hitung2 menciptakan lapangan pekerjaan, hehe.

Tapi kalau aku sendiri masih jauh dari kategori blogger mapan tersebut, kalau ditanya penghasilan dari blogging, ada sih, tapi masih tergolong 'belum banyak'.

Jadi aku lebih suka memakai cara sendiri dalam mengurus blog, yaitu misalnya kita akan membuat blog bisnis. Pertama buat dulu sekitar 5 blog, kemudian rajin posting sampai 10 biji dimasing-masing blog tersebut. Kalau sudah, kita usahakan untuk fokus dulu dengan satu blog, kemudian membuat perbandingan dengan blog yang kedua.

Artinya, kita fokus untuk mengembangkan satu blog tapi juga mengurusi blog kedua, kalau dari kedua blog tersebut ada salah satu yang kurang berpotensi, maka tinggalkan. Fokus saja pada satu blog sampai mencapai suatu target misalnya ditargetkan 1000 visitor/ day.

Kalau sudah tercapai silahkan untuk fokus pada blog ketiga dan seterusnya. Intinya lebih baik kita serius mengurusi satu blog dulu sampai blog tersebut benar-benar 'siap' untuk di uangkan. Baru kemudian kita mengurusi blog yang lain.

Selanjutnya blog yang sudah stabil tersebut tinggal kita jenguk kadang2 saja, kalau mau diteruskan juga tidak apa-apa. Tapi usahakan tetap melakukan update yang terjadwal.

Oh ya, lalu apa gunanya kita membuat blog sekaligus 5 biji tadi? Maksudnya membuat 5 blog dan melakukan posting pembuka 10 biji itu adalah agar kalau suatu saat kita mau mengembangkan blog tersebut maka posisinya di mesin pencari sudah stabil. Karena lebih mudah mengelola blog yang sudah cukup umur daripada membuat blog baru.

Update 03/06/2012: Sambungan dari artikel ini saya tulis disini: Tips Mendapatkan 2000 visitor/day

4 Komentar:

Sukadi said...

Mantab Mas, saya malah bingung kalau mengurus terlalu banyak, jadinya malah terbengkalai semua hehe..

Terimakasih tips-nya Mas, bisa dipraktekkan hehe

Dwi Jo said...

saya juga banyak blog mas, tapi yang serius di-update cuma beberapa. yang lain cuma dilihat prospeknya saja, kalau berpotensi, yang dikembangkan.

Jefry said...

Terima kasih atas tipsnya mas, jadi harus membuat blog setidaknya 5 buah dulu ya
sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya..

aditya eka prabowo said...

wah gmana yh mas cara ngatur blog saya baru buat nh masalah nyy
ingin lbih tau cara ngatur ny ??

Post a Comment